JailBreak iPod Touch 3.1.3 untuk 1st Gen (MA) & 2nd Gen (MB) Using RedSnow

Perhatiin dulu langkah awalnya ya..!!!!

Cek model ipod mu apakah 1st Gen atau 2nd gen, Cek di Setting —-> General —–> About —-> Model. Kalau ternyata kamu 3rd Gen ( MC model ) JANGAN PERNAH IKUTIN LANGKAH INI karena langkah JB 3.1.3 ini hanya untuk 1st gen & 2nd Gen, untuk 2nd Gen terbaru (MC) atau 3rd gen 8 giga maupun 32 dan 64 giga, blm bisa dipastiin soalnya gw cuma nyoba di 2nd Gen 16 giga 😀

Klo udah yakin ama smuanya, ok kita mulai :

1. Buat 1st Gen iPod Touch donlot redSn0w 0.9.2 DISINI

2. Buat 2nd Gen iPod Touch donlot redSn0w 0.9.4 DISINI

3. Update Firmware kamu ke FW 3.1.3 , dapetin file nya DISINI. Cari yang sesuai ama versi iPod touch kamu

4.
Klo udah di update via iTunes ke 3.1.3, pencet Shift + klik restore dan arahin ke 3.1.3 yg kamu donlot tadi. Tunggu sampai iPod ke restore dengan FW 3.1.3.

5. Jika udan ke restore dengan 3.1.3, buka redSn0w, pilih FW 3.1.2,  INGAT PILIH 3.1.2 bukan FW 3.1.3 karena redSn0W ga akan ngenalin klo kamu pilih 3.1.3

6. redSn0w akan memproses FW yg dimasukkan

7. Setelah itu ada peringatan dr redSn0w, untuk pengguna 1st Gen sama 2nd Gen pilih NO.

8. Setelah sukses maka dia akan memproses FW tersebut



9.
Setelah selesai maka akan muncul pilihan spt dibawah, Pilih HANYA Cydia jika kamu ga yakin atas apa yg akan kamu lakukan 🙂

10. Selanjutnya matikan iPod Touch kamu dengan menekan tombol Off aga lamaan dan Slide to Power Off

11. Setelah itu ikutin langkah DFU yg ditampilkan redSn0w di PC, kondisi iPod bakal terlihat layar putih smua, jgn panik itu normal, cukup lakuin smua langkah yg redSn0w lakukan.

12. Disini redSn0w sedang bekerja men-JB- ipod mu dan memasukkan Cydia ke dlm ipod mu, tampilan ipod touch terlihat logo Apple aja 😀



13.  Setelah itu redSn0w selesai dan selanjutnya iPod anda akan loading file dr redSn0w tersebut, hal ini terjadi kurang lebih 30 menit.

dan layar ipod akan menampilkan progress dari download itu 😀 😀 😀

Setelah semua selesai, maka iPod Touch kamu akan reboot dgn sendirinya. JB selesai dan silahkan lihat di Setting —-> General —–> About sudah berubah ke 3.1.3 tetapi di halaman 2 akan ada icon cydia 🙂

INGAT setelah JB lakukan langkah2 seperti biasa Cydia Repo After JailBreak

Selamat mencoba ya 🙂

90 thoughts on “JailBreak iPod Touch 3.1.3 untuk 1st Gen (MA) & 2nd Gen (MB) Using RedSnow

  1. @Daedo : Buat yg 3rd Gen, JANGAN sekali kali update ke 3.1.3, klo km Update, maka ga akan bisa di restore kembali ke 3.1.2 dan ga bisa di JB 😀 😀 😀 Makanya saat ini kan km di 3.1.2, langsung aja JB pake Redsnow, dgn ikutin langkah ku ini, tapi JANGAN di restore ipod mu ke 3.1.3, soalnya blm ada JB tools untuk 3.1.3 3rd Gen 🙂

    Apps ga ilang, soalnya kan ga restore ke 3.1.3

  2. bos 1 kali lagi…
    kalo kita restore firmware, tapi versi sama kira2 app ilang ga.. aq mau coba pake blackra1n

  3. @Daedo : untuk 3rd Gen 32 giga ama 64 giga tdk bisa di restore bro, soalnya saat ini Apple memproteksi untuk 3rd Gen 32 keatas tdk bisa di restore ulang ke 3.1.2 🙂

    Satu hal yg pasti, JANGAN UPDATE/RESTORE ke 3.1.3 untuk 3rd gen 32 giga ke atas untuk menghindari ga bisa restore ulang 🙂 soalnya blm ada JB tools untuk 3rd Gen 3.1.3

  4. Haloo mas, nanya ne. saya pake itouch 1G, saya dah ikuti sampe langkah 11. tapi kok udah 30menitan ga selesai2 ya. abis logo putih, ditengah2 malah itouchnya mati sendiri, ga idup di redsnownya masih tulisan waitiing for reboot. gagal deh jb nya, mohon petunjuknya.

  5. Alo Bro ……mau tanya kalo ,
    Kalo ipod Touch 2G yg uda jailbreak 3.0 itu ..
    langsung update ke official firmware 3.13 dari itunes ya?

    apa firmware gw musti clean 3.0(ga jailbreak)…
    kalo musti clean 3.0 gimana cara balek ke firm ori 3.0..

    kalo tahap atas uda beres baru pake redsnow?
    dan pake firmware 3.12?

    sekalian tanya update history
    3.0 ke 3.13 bisa liat di website mana ya?
    Pengen tau ada tambahan2 apa aja..

    Makasih

  6. errh..
    akhirnya kelar jailbreak n berhasil…

    Tinggal pertanyaan yg bawah aja bro..
    Liat tambahan2 fitur dari 3.0 ke 3.13 itu dimana yah?

    tq

  7. @Sugianto : langsung aja JB dr 3.0 ke 3.1.3 ga perlu ke 3.0 manual dl. Fitur 3.1.3 sama aja ama 3.1.2 bro ga ada beda, bisa di gugling atau liat di apple aja ya 🙂

  8. kak, klo mw jb dr ipod touch 2nd gen pke fw 3.1.3 hrs pke koneksi internet ga?? mksdnya kyk jb pke blackra1n gt

  9. kak, tlong jlasin donk apa mksd lgkah no 5. ” Jika udah ke restore dengan 3.1.3, buka redSn0w, pilih FW 3.1.2, INGAT PILIH 3.1.2 bukan FW 3.1.3 karena redSn0W ga akan ngenalin klo kamu pilih 3.1.3″???? bingung kak.. hehe..

    apa msti pnya file fw yg 3.1.2 jg??? trus yg file fw 3.1.3 abis donlot dr felixburns.de msti digmnain???? help me pliss..

    mhon pncerahannya…

  10. @Andrey : Ya pasti lah butuh wifi buat install program2 dari Cydia. Yoi dunk pasti butuh 3.1.2 dr felixburn pas jalanin redsnow pilih 3.1.2, kayanya udh cukup jelas gw jabarin disana

  11. Aku pengen banget nich install KTouch Decade app ke Ipodku,tapi kok keliatannya ribet,perlu installous ama SSH…bingung banget…maklum gaptek nih…mohon petunjuk

  12. kalo udah ga bisa di kembalikan jadi fw3.1.2,berarti pake redsnow donk,apa ga bisa didowngrade aja,kok keliatannya lebih enak pake blackra1n.Mohon Petunjuknya…Terima Kasih Bos

  13. @BB : DIcoba aja pake Redsnow, ga ribet ko, atau km coba downgrade aja ke 3.1.2 🙂

    Ga ada yg namanya ribet klo mau itouch kita sempurna 🙂 Usaha dikit tp puas kitanya kan ga masalah 🙂 Pake iphonefolder klo emg ga mau ribet, tuh dah aku post di yg terbaru 🙂

  14. Kak, mw nany..

    Pas mw jb kok redsnow ga mw ngenalin yg 3.1.2 ya??? Aku udah donlot filenya koq.. Ada solusi ga???

  15. Oya kak sblumnya saya udah brhasil update fw dr 2.2.1 ke 3.1.3 (ipod saya 2nd gen model MB).. Ktanya redsnow : unable to recognize specified IPSW…Apa ad yg salah ya cara saya??? Udah saya arahin ke file iPod2,1_3.1.2_7D11_Restore yg bsr fileny 264 mb..

    Pliss help meee…

  16. thanks ya berhasil. sorry baru ngasih tau sekarang 😛
    minggu lalu bantuin jb-in 1st gennya temen, eh nemu beginian. thank you ya :3
    tinggal menunggu jb 3rd gen u/ 3.1.3 ini

  17. @Putra : klo 8 giga 3rd gen bisa pake tutor ini, klo 32 ama 64 giga udh 3.1.3 ga bisa di downgrade ke 3.1.2 karena apple dah ngerestriksi utk 32 ama 64 ga bisa di downgrade. JB softwarenya pun blm ada 🙂

    @Andrey : Itu file nya mungkin corrupt, coba deh ulangi lagi 🙂 Saya normal2 aja ko

    @Aicchi : Sama2 ya 🙂

  18. ya ampun bang, ane kaga ngarti
    ini ane baru dapet kado ipod touch 32 GB 2GEN 3.1.2 (7D11)
    ini program buat apa sbnrnya?
    ane kepengn bisa maen games tapi apa daya gak ngerti apa2x
    T_______________T

  19. Ikutin aja petunjuk di blog ini buat 3.1.2 Klo blm ngerti gugling aja banyak kan mengenai Jailbreak dan apa itu Jailbreak

  20. mau tanya ni sob kiki….

    i touch saya 2gen 8gb fw 3.1.2 jailbreak.

    saya rencana mau up ke 3.1.3…. nah app yang saya instal dari cydia bakal ilang ga?atau bs dibackup, atau otomatis ke backup atau bagaimana?trus save2-an game juga ikut ke backup ga di itunes…

    satu lagi… sbsetting saya trouble…ga mau respring…knp ya? apa crash ama categories ya?

    sekian dulu pertanyaannya… trimakasih… salam ^_^

  21. @Tommy : segala sesuatu klo udh di restore ke FW yg baru pasti ilang, klo save2an kan sudah di backup dulu ama itunes tiap kali anda konek ke itunes. Jd nantinya pas udh restore, pilih aja backup form previous setting jgn pilih Set As New iPod Touch 🙂

  22. mas kiki
    mau nanya nih ipod sy 2nd MB model
    pas browse file iPod2,1_3.1.2_7D11_ dst …
    redsn0w : Processing Firmware
    trus malah Unable to recognize IPSW

    Gmn nih mas ???
    mohon bantuannya …. sy jg maw tanya, firmware yg 3.1.2 itu size aslinya brapa MB siih ??
    soalnya ada yg 280 mb, 261 mb, 264mb …
    bingung saya >”<

  23. @Reyn : Klo error gitu biasanya firmware nya ga sesuai, di ipod kamu udah pake yg 3.1.3 nya blm?? atau 3.1.2??? klo blm update dl lewat itunes. Trus pakenya redsnow brp? redSn0w 0.9.4 kan ?”??

    Size nya ga lupa brp 🙂 sekitar 264 mb

  24. yg d ipod uda 3.1.3 lah mas …
    redsn0w 0.9.4 ….
    ahhh gelo nih uda donlot ber x x … sial !! >”<

  25. @Reyn : itu kemungkinan file donlotannya error bro 🙂 Gw sih lancar jaya ga ada masalah

  26. @mas kiki :
    wah parah gila … gak bisa jugaa nih mas …
    gmn yah … ms donlot berkali” ttep aja kya gtu

  27. mau nanya dunk…kalo uda sampe di ipod ada tulisan downloading jailbreak data tapi di laptop tulisannya ada trouble sama redsnownya, hrs close program redsnownya.. itu artinya gagal yah??

  28. bro, itu jadi kita perlu download 2 fw dong? 3.1.3 n 3.1.2? kan katanya pilih yg 3.1.2 tuh.

    buat 3rd gen 8gb bisa make cara ini??

  29. Maaf bro mo ny ni,aku py iPod touch 8gb 3.1.2 n udah jailbreak.upgrade 3.1.3 file2 aplikasi game gak bs di bk lagi.bisa gak di downgrade 3.1.2 lagi? trus bs gak di jailbreak lagi n aplikasi gamenya bs di buka? Mohon petunjuk..makasih

  30. Bos sy bingung ipod sy 1stG udh update k 3.1.3,
    semua langkah” JB yg bos terangin udh sy lakuin…..
    Tp pas masuk downloding JB data ko lama banget sampe iPod mati sendiri……
    kira” apanya ya bos mohon pencerahanya……

  31. @Reza : Bisa ko, knp milih yg 3.1.2 karena redsnow ga ngenalin 3.1.3 🙂 Klo km 3rd gen 8 giga di downgrade aja ke 3.1.2 🙂

    @Dedy : Coba baca postingan saya di blog ini mengenai Cydia Repository, sudah sesuai blm langkahnya 🙂 Klo engga km bisa downgrade aja ke 3.1.2 🙂

    @Akil : Saya saranin km pake yg 3.1.2 aja, trus coba JB pake yg cara Blackrain 🙂

  32. jadi ini buat 3rd 8gb dr 3.1.3 downgrade ke 3.1.2 2nd via itunes.
    trus di restore lagi make ipsw 3.1.3 punya 2nd baru ke redsnow n browse 3.1.2 2nd yg td di pake buat downgrade??

    ato

    abis downgrade ke 3.1.2 2nd lgsg pake redsnow n browse 3.1.2 2nd yg tadi di pake??

    ato

    gmn??? hahaha 😀

  33. @Reza : Saran saya sih pake 3.1.2 aja trus JB nya pake blackrain aja, klo ttp msh mau pake 3.1.3, update ke 3.1.3 via itunes trus pke redsnow 0.9.2 tp di redsnow ini km pake 3.1.2 🙂 di kaskus dah gw jawab kan :p

  34. nggakk gw bngungnya udah di resdnownya …
    kan gw dah msuk tpi step ‘next’ gag nyala / gag bisa di klik .

    gw pke ipod toch 8gb MC .
    tolingin gw yy ????

  35. Ikutin tutornya, baca pelan2, Gw tolongin apaan bro? Toh smua langkah gw jelasin di atas ko, simple itu asalkan dibaca dengan teliti

  36. @kiki : thx ya bos 😀

    @hisam : itu lo donlod dulu 3.1.2 punya 2nd. ga mau bingung n cm mau 1x click doang? make blackr1an.. bro kiki udah nulis juga

  37. bro ..
    tolongin gwa dung ..
    kemarin gwa pake blackra1n ..
    terus app blackra1nnya gak muncul ..
    terus gwa pake redsn0w ..
    tapi saat gwa browse ipod 3.1.2 ..
    terus dya ada muncul tulisan :

    “you device requires tethered reboots after being jailbroken.

    when it power cycles,u’ll need to run redsn0w or blackra1n again to complate the reboot.
    all of ur data and application will remain intact.

    tethered devices cannot yet have custom logos.”

    terus waktu gwa next ..
    muncul pilihan :
    “1. install cydia
    2. just boot tethered right now”

    terus gwa pilih salah satunya ..
    tiba” muncul langkah DFU :
    ” please connect u device in recovery mode

    1 connect to device to the computer
    2 press both the power n home buttons continuously until this help message disappears.

    note: if u start this process with the device cleanly shutdown (“slide to power off”), it will go faster

    if u device insteads goes all the way to the home screen, try the above steps again

    gwa ikutin ..
    terus setelah semua selesai ..

    ada muncul tulisan :
    ” the rest of this process takes place on u device

    done!

    terus ada tombol finish ..
    lalu saya tekan tombol finish ..
    tapi layar i touch gwa blank terus seperti gambar yang ada diatas ..

    gimana neh jalan keluarnya bang admin ..?
    mohon jawab saya ..
    saya butuh secepatnya balasan ..
    karna saya bingung dengan tampilan i touch saya yang blank ..

    terima kasih ..

  38. @Defend : Bro ga perlu kali Post Comment di 3 halaman berbeda, 1 aja cukup soalnya BLOG ini selalu gw pantau, waduh wadu -_-“!!!

    Ya baca diatas itu cukup kumplit kan??? Panik blh bro tp ttp hrs tenang aja 🙂 Gw aja mati total dl berkali kali pas awal tp ga panik & ga post sama smua gitu 🙂

    Disitu bro ga jelasin ipodnya versi brp and brp giga 🙂 Jawab dulu itu 🙂

  39. @Deferen : Nah itu bro problemnya, jd ipod mu harus di Downgrade dulu ke 3.1.2, soalnya kan ipodmu msh 3.1.3 redsnow maupun blackrain bakalan error karena ga ngenalin OS kamu. Jd di downgrade dulu ke 3.1.2 ya 🙂

    Coba baca deh tutor gw yg pake blackrain, disitu ada langkahnya 🙂

  40. aku kemarin baru beli itouch 3rd gen 8gb,,belum d JB waktu itu d tawarin si mau d JB in apa ga,,aku kan belum ngerti soal gituan,,aku pikir ga usa,,eh ternyata penting yah,,hmm skrg aku pengen JB ndiri bisa ga ya?klo pake langkah2 yg d atas bisa ga kak??perlu bantuan bgt krena aku sm sekali ga ngerti ni,,hehehe,,langkah pertama gimana,,dan sterusnya ya kak,,thx ^^

  41. bro ..
    punya gwa gak bisa di downgrade neh ..
    gimana ?
    waktu di downgrade katanya gak compatible bla bla bla gitu ..
    tolong comment ..

  42. @Defer: Duh def def kan aku bilang baca postingan di blog ini yg pake blackrain, nih disini baca yg jelas ya –> https://kutumbaba.wordpress.com/2009/11/09/jailbreak-ipod-touch-3rd-gen-dengan-fw-3-1-2-using-blackra1n/#comments

    @Sheila : Mendingan emg jb sendiri biar ngerti and faham nantinya, nih mendingan baca link yg pake blackrain ya, soalny yg redsnow ini lumayan aga ribet buat pemula 🙂

    Nih pake yg blackrain –> https://kutumbaba.wordpress.com/2009/11/09/jailbreak-ipod-touch-3rd-gen-dengan-fw-3-1-2-using-blackra1n/#comments

  43. okee aku mau coba pake blackrain,, kalo ada apa2 aku tanya2 lagiya kak kiki ^^ thank you hehe

  44. sudah saya coba sesuai yang di halaman itu ..
    tapi nihil ..
    ipod touch saya juga gak bisa di downgrade ..
    katanya gak compatible ..
    udah test yg 32 bit juga gitu ..

    gimana neh kak ..?

  45. bos.. ipod touch saya 1st gen 16 Gb.
    coba jailbreak ke 3.1.3 bener tuh download yang redsnow 0.9.2?
    karna saya ud coba ikutin langkah yg bos ajarin sampe langkah nmr 10.

    stuck pas matiin ipod touch, redsnow nya ga respon apa2.. (dan tombol next nya tidak bisa dipencet saat tampilan langkah nmr 10)

    mohon pencerahannya bos. makasi. ^^

  46. bos… saya coba pake redsnow 0.9.4, bisa sampe langkah 11, begitu DFU nya sudah saya ikutin 3 langkah nya.. tulisannya :

    please waiting while your device is being processed.

    waiting for reboot

    (process bar nya ga jalan2 n ipod touch 1st gen gw gelap total, bukannya putih seperti petunjuk di atas)

    *plis help boss 😦 tq.

  47. @Wina : Iya utk 64 giga dengan FW 3.1.3 blm bisa di JB dan blm bisa di Downgrad3 🙂

    @ALex : Iya ko bener gw coba di 1st gen bisa pake 0.9.2 🙂 Klo di PC redsnow jalan, nah di ipod mu nantinya ada gambar Nanas jalan pas kaya di gambr itu. Klo emg bnr2 stuck, gw saranin sih pake Blackrain aja bro, tp downgrade dulu ke 3.1.2 ya 🙂

  48. sudah saya coba sesuai yang di halaman itu ..
    tapi nihil ..
    ipod touch saya juga gak bisa di downgrade ..
    katanya gak compatible ..
    udah test yg 32 bit juga gitu ..

    gimana neh kak ..?

    kok punya gwa gak di jawab ..?

  49. kak, kan saya ipodnya 8GB yg model MC, itu bs pake redsnow ya buat JBnya? hehe terus mau tanya downgrade ke 3.1.2 itu yg sesuai ma tipe ipodnya? 3.1.2 7E18 atau yg 3.1.2 cuma ada 1 tipe yg 3.1.2.7D11 hehe, agak bingung disitu..
    thx kk

  50. @zzzz : Coba liat postingan saya yg baru tentang downgrade di halaman awal ya disitu dijelasin ko 🙂

    @Def : kan gw jawab di postingan yg lain :hammer: Makanya klo post komen cukup di 1 aja 🙂

  51. ipod touch 8Gb (generasi-3)
    masalahnya..
    1.FW nya sekarang jadi 3.1.3
    2.pengen di downgrade jadi 3.1.2 (supaya bisa di jailbrake pake blackrain).

    di restore (shift + restore) via iTunes “not competibel..bla..bla..”
    gw hapus FW 3.1.3 diganti pake 3.1.2 di libary > iTunes > iPod Software Update, tetep g bisa.

    setelah gw baca2 di atas, gw coba pake redsNow pilih dengan target FW 3.1.2 tapi gagal (cydia tidak terinstal di iPod-nya).
    Mohon bantuan dan bimbingannya..
    terima kasih..

  52. @Tama : Baca deh postingan gw tentang DOwngrade di tulisan yg baru halaman paling depan 🙂 Kamu itu salah pilih FW nya 🙂

  53. masalah teratasi..heehee..g sia-sia begadang.hihihi..nice tutor bang.have a great weekand.time to sleep now..

  54. Halo bro, ipod touch gw model MB376ZP, mestinya termasuk 2G yah? tp gw download firmware yg 3.1.2 sama 3.1.3 smua ga compatible waktu mau gw update..
    Ato punya gw termasuk yg 1G yah? soalnya gw baca2 d wiki, katanya yg 2G tuh ud ada built in speaker, tp gw hampir 100% sure punya gw ga ada speakerny, jd hrs lewat earphone..

    please help.. thx

  55. @Abah : yup klo ga ada speakernya brarti itu 1st gen, mungkin yg punya bro itu 1st gen trakhir sblum 2nd gen kluar 🙂 Jd donlot FW nya yg 1st Gen 🙂

  56. bro, ane punya ipod 2nd gen yang 8 giga tapi dia modelnya mc, udah terlanjur di update ke 3.1.3, ane udah coba ngikutin langkah diatas, tapi aga bingung bro

    1. ane udah unduh fw 3.1.3 yang dari felixburn tapi ga ada file dengan extension ipws

    2. kalo mau downgrade bisa ga? trus ada ga link lokal untuk download ipwsnya

    sebelumnya terimakasih

  57. @Barbar : dibaca tentang Downgrade di halaman depan ya, dah gw jelasin 🙂 dan maaf ga nyediain link lokal 🙂

  58. permisi mau nanya nih
    ipod gw 32gb 1g v3.1.3
    udah berhasil JB pake redsn0w
    nah skrg yg jd masalah knp program2 .ipa hasil download-an ga bisa diinstall yah???
    apa harus install sesuatu dulu dari cydia???
    help please 😦

  59. engga bro, lu install

    1. iphonefolder ato iphonebrowser ada di trit bro kiki, di bulan februari kalo ga salah
    2.ifle > ini dari cydia >browsing aja trus search
    3.installous > keterangannya cari dikaskus deh bro

    nah untuk install ipanya ada di kaskus itu bro, coba browsing aja

    oya bro kiki, setelah 5 jam mengunduh dari mega uplod akhirnya berhasil hehe…udah di downgrade, udah di jailbreak, sekarang lagi belajar jailbreak dkknya, thx berat yah

    oya iphonefoldernya ga ada link lain ya bro? soalnya ga bisa unduh dari mediafire

    thx

  60. @ogi : COba kamu baca tulisan saya tentang Cydia Repository, km hrs donlot dulu appsync for OS 3.1 dan afc2add dr cydia 🙂

    @Barbar : Wew akhirnya bisa ya ^^ selamet2 bro hehehehe Hmmm biasanya sih gw taro smua file di mediafire bro, yg di kaskus juga gw sengaja bikin link kesana 🙂 coba deh guugling iphonefolder

  61. brur, ada penjelasan kl make spirit ga? itu kan udah bisa ngejailbreak semua model dan semua firmware, dan gampang juga sama kaya make blackra1n..
    gua udah nyoba make itu buat ngejailbreak ipodtouch 3rd gen temen gua dan berhasil, masalahnya adalah gua ga bisa ngesync aplikasi2 yg ada di itunes, padahal udah gua instalin appsync 3.1..
    ada yg pernah nyoba spirit?

  62. misi mas kiki mau tanya.. 🙂
    saya punya iTouch (MC) firmware dah yg 3.1.3
    yang paling tepat buat ngejailbreak biar muncul cydia itu pake apa?
    blackra1n apa spirit..? (minta link downloadnya)
    soalnya dah nyoba pake redsnow alhasil blank aja sampe ga bisa nyala…
    tapi dah nyala lagi teken home+power yg lama ( thanks god)

    thanks GBU @(n_n)@

Leave a Reply

