Banyak bgt yg kesulitan dan banyak bgt yg tanya tentang downgrade ini sampai gw bikin deh caranya downgrade. Aneh aja sih sebenernya downgrade ini sama aja kaya upgrade, tp ko org2 pada bingung ya? Intinya tu klo upgrade pilih FW di atas FW yg ada di ipod kita, nah downgrade milih FW yg dibawah ipod kita. Caranya gmn? Ya ampun ya sama aja kaya Upgrade yg gw tulis di Tutor2 JB di blog ini, teken Shift+Klik restore di iTunes trus arahin deh ke FW yg mau kita masukin ke ipod kita, simple kan?

Jadi Use Ur Mind, kembangin nalarnya ga ada beda antara upgrade sama downgrade, yg beda hanya Firmware nya🙂 Jadi sebenarnya apa yg salah org2 sering error pas downgrade? Banyak hal yg perlu diperhatikan, disini gw coba jelasin berdasarkan pengalaman selama ini🙂

Harus diingat, untuk Downgrade ke Firmware (FW) yg lbh rendah dr ipod kita ini TIDAK BISA atau TIDAK BERFUNGSI untuk 3rd Gen 32 giga sama 64 giga, knp? Karena Apple sejak keluarin FW 3.1.3 membuat restriktik alias security baru yang berakibat 32 giga sama 64 giga tdk bisa di Downgrade ke 3.1.2 dari 3.1.3, klo misal tanya lagi ko ga bisa emgnya knp Apple sampe segitunya? Ya ga tau juga klo utk itu, dicoba aja ya tanya ke Apple nya langsung heheheheh.

Nah utk downgrade ini, 3rd gen 8 giga tentu msh bisa di downgrade dr FW 3.1.3 ke 3.1.2 spy bisa di JB🙂 Buat 2nd gen ama 1st gen so pasti bisa bgt🙂 Nah ada beberapa langkah yg hrs ditambahkan sebelum di downgrade, perhatikan langkah ini :

  1. Untuk smua WIndows (XP/VISTA/7) buka folder drivers di posisi C:Windows —-> System32 —> Drivers –> ETC, setelah ketemu cari file namanya hosts dan buka file tersebut dengan Notepad.
  2. Setelah dibuka dengan notepad, tambahkan alamat ini di paling bawah : 74.208.10.249 gs.apple.com bisa dilihat di gambar berikut ini :
  3. Setelah ditambahkan langsung di SAVE jangan di SAVE AS.
  4. Selesai dan coba ipod touch di restore🙂
  5. Untuk 3rd gen 8 giga ingat ya, Donlot Firmware nya yg buat 2nd Gen 8 giga, jadi nanti nama filenya itu iPod2,1_3.1.2_7D11_Restore.ipsw bukan iPod3,1_3.1.2_7D11_Restore.ipsw jangan ketuker soalnya nanti bakalan muncul error tdk compatible🙂

Kenapa hrs lakuin hal ini? Karena skr ini tiap kita downgrade maupun upgrade hrs konfirmasi ke situsnya Apple dulu, nah ini kita seperti nge bypas situs apple dan ngarahinnya ke situs Cydia🙂 Tp inget hal ini tdk berlaku utk 3rd gen 32 sama 64 giga🙂

Ada beberapa hal juga yg mengalami kesulitan, kadang ada beberapa error yg muncul ketika kita downgrade, solusi dr itu smua sebernarnya simple, dicoba beberapa hal, diantaranya :

  • Coba ganti kabel USB ipod mu
  • COba ganti port USB di beberapa port PC mu
  • COba di PC yg berbeda jika di PC mu error trs
  • Coba Uninstall iTunes lalu install lagi
  • COba restart PC mu🙂

Smoga bisa membantu🙂