Ada masukan dr temen dan saranin klo gw coba bikin tulisan mengenai berbagai aplikasi dr Cydia yg penting dan umum dipake, saran bagus dan akan coba gw tulis deh tutor2nya🙂

Aplikasi2 disini smua dr Cydia dan bisa didonlot langsung dr cydia ataupun bisa didonlot .deb nya dan dimasukin ke folder AutoInstall di ipod lewat iPhoneFolder, yang bisa digunakan oleh iPhone maupun iPod Touch, berbagai aplikasi yang akan gw jelasin semua ada fungsinya masing2 dan terkadang membutuhkan penambahan repo di Cydia iTouch/iPhone nya, simple2 ko, asalkan ikutin aja langkah2nya🙂

Hmmm tahap awal gw coba jelasin yang namanya SBSetting selanjutnya akan gw coba jelasin aplikasi2 lain yg mungkin berguna🙂

SBSetting

Tampilan dari SBSetting spt berikut :

SBSetting (SpringBoard Setting) sering digunakan dan cukup penting juga fungsinya. Disini gw sering pake buat restart SpringBoard ( Desktop ) iTouch. Cara Installnya : Masuk ke Cydia —-> Featured Package —> SBSetting —> Install —> Confirm.

Setelah diinstall maka dia otomatis masuk ke ipod kita, tp inget ya, SBSetting ini ga akan ada icon nya di halaman depan, dia langsung masuk ke system iTouch/iPhone kita, jd ga ada shortcut icon di desktop.

Cara gunainnya : Slide dari tulisan iPod dari arah kiri ke kanan (klo dilihat dr ipod gw dr Sinyal Logo Esia slide kiri ke kanan), nanti akan muncul Menu Shortcut SBSetting spt diatas🙂 Spt terlihat, ada beberapa icon kecil dan icon2 Shortcut, yaitu :

  • More : Akan mengarahkan kita ke Menu Utama SBSetting
  • Refresh : Berfungsi Hanya resfersh minor ipod (Klo di PC kaya Refresh klo teken F5 buat resfresh)
  • Dock : Utk atur banyaknya iCon dock di iTouch
  • Respiring : Restart SpringBoard iTouch/iPhone kita, biasanya kl0 ada minor error di iPod, disarankan lakuin Respiring disini utk refresh Springboard iTouch
  • Power : Shutdown iTouch/iPhone kita

Dilayar atas itu pun terlihat berbagai Shortcut yg bisa kita pasang🙂 Spt Bluetooth, WiFi, dll. Dan ada yg penting disana, yaitu Prosess, ketika kita klik akan muncul PopUp yg menunjukkan ke kita beberapa aplikasi yg msh runnning, klo di PC Processes ini spt Task Manager🙂

Menu awal pasti ga sama, soalnya ini gw pake Theme SBSetting yg lain, cari ganti dan tau daleman SBSetting spt apa? Tinggal klik aja icon MORE di menu itu, nanti akan masuk ke system SBSettingnya spt gambar berikut :

Gambar itu merupakan Menu Utama SBSetting, untuk ganti menu slider Shortcut spt gambar awal, cukup ke arah MANAGE Theme, dan pilih deh Theme yg km mau, inget ya ini Theme SBSetting bukan Theme iTouch/iPhone mu🙂

Sekarang atur ShortCut yg muncul di Pop-Up SBSetting, cara aturnya kita bisa masuk ke Set Toggles. Disini kita bisa setting icon mana aja yg bisa dimunculkan

Nah simple kan SBSetting ini? Ini merupakan Aplikasi yg penting harus dipakai utk pengguna yg sudah di JB.

Met mencoba ya, nanti akan dijelasin aplikasi lainnya🙂