Cydia Apps : iBluenova

Awalnya iTouch/iPhone ga bisa sharing atau transfer file pake bluetooth kesesama maupun yang beda device, tp sejak FW 3.0 jadi bisa, awalnya memang cuma bisa ke Headset aja, dan klo blm di JB ga akan bisa lbh dari itu πŸ˜€ Bagi yang udh di JB tentu bisa dan dapat berbagai manfaatnya, diantar ya ini pake iBluenova untuk transfer file maupun utk koneksi ke device yg berbeda utk maen game πŸ˜€

Selalu diingat ya untuk install aplikasi-aplikasi dari Cydia ini, iTouch/iPhone mu harus dan wajib dlm keadaan JAILBREAK, kl0 blm ya ga akan bisa πŸ™‚ Nah klo udh di JB, ikutin langkah ini, dan ingat smua dilakukan di iTouch/iPhone kamu.

  • Masuk ke Cydia –> Manage –> Source. Ini untuk Add repo bityourapple
  • Add Repo baru bagi yg blm ada repo ini –> http://www.bityourapple.com/repo/
  • Kalau sudah lalu klik aja repo bityourapple lalu tinggal cari yg namanya iBluenova, spt gambar dibawah ini.

  • Klik iBluenova nya, confirm dan install. Tunggu sampai semua terinstall πŸ™‚

  • Setelah semua install dan download selesai, maka kita kluar dari cydia dan cek di halaman iTouch/iPhone kamu apakah sudah ada icon iBluenovanya? Jika blm ulangin lagi πŸ˜€

  • Nah sebelum kamu masuk ke iBluenova nya, ingat aktifin dulu Bluetoothnya ya, bisa 2 cara mengaktifkannya, yaitu lewat icon SBSetting atau lewat Setting —> General —> Bluetooth —> ON. Untuk SBSetting dan General Bluetooth bisa dilihat di gambar dibawah ini. Sebelah kiri aktifin di SBSetting menu dan disebelah kanan aktifin di Setting bagi yg blm ada SBSettingnya.

  • Nah setelah Bluetoothnya diaktifin, baru kita masuk ke menu utama iBluenova. Klik icon iBluenova dan langsung masuk ke halaman utama fitur iBluenova.
  • Di menu ini kamu akan lihat ada 4 Fitur utama, yaitu :
  • RapidSwitches. Di dalam menu ini ada 2 fitur, yaitu :
    • Enable : Fitur ini untuk mengaktifkan Bluetooth nya iBluenova, ingat ini harus dlm posisi ON
    • Visible : Fitur ini supaya iTouch/iPhone kita terdeteksi oleh device lain yg mengaktifkan bluetoothnya, dan hal ini harus dlm posisi ON
  • File Manager. Disini tersimpan file2 yang ada di dlm iTouch/iPhone kita, yaitu :
    • Picture : Defaultnya diambil dan disave di Photo iTouch/iPhone
    • Music : Untuk File Music
    • Video : Untuk file Video
    • Other File : Untuk file2 lain yg tdk termasuk diatas
  • Activity. Terdapat 2 Fitur, yaitu :
    • Transfer : Menu untuk melihat proses transfer
    • Device Discovery : Menu untuk melacak device lain yang Bluetoothnya aktif.Β  Spt terlihat digambar dibawah ini, saya mencoba dengan HP Nokia dan terdeteksi πŸ™‚

  • Others. Berisi keterangan sebagai berikut :
    • Settings : Berisi pengaturan di dlm iPod/iTouch kita
    • Info : Berisi keterangan tentang iBluenova
  • Ok cukup kan mengenai keterangan Menu nya? Sekarang kita mulai mencoba transfer File dariΒ  iTouch/iPhone kita ke device yang lain. Berikut langkah2nya :
    • Di Menu Rapid Switches aktifkan kedua-duanya supaya Bluetooth berfungsi
    • Masuk ke menu Others –> Setting ke bagian Images aktifkan fiturnya save as JPEG dan Save in Library. Disini dilakukan untuk otomatis save file gambar ke Photo iTouch/iPhone
    • Jika ingin mentransfer file, pilih dulu file nya lalu klik icon dipojok kanan bawah untuk gambar atau dipojok kanan atas untuk file lainnya, maka dia secara otomatis mengarahkan ke device yg terdeteksi. Disini saya mencoba mengirimkan gambar dr iTouch ke Nokia, perhatikan icon Transfer file di pojok kanan bawah, ketika di klik maka dia secara otomatis menuju ke device discovery dan kita klik gambar device yg akan kita kirim, dan ketika disisi device yg kita tuju sudah menerima, maka proses transfer akan berjalan. Ketika sudah cek di device yg dituju apakah sudah masuk?


  • Nah diatas untuk transfer file dari iTouch ke device yg lain, nah klo dr device yg lain ke iTouch kita?? Gampang juga lah, prinsipnya sama seperti diatas, perhatikan langkah berikut, disini saya coba transfer gambar dari HP Nokia ke iTouch, utk file lainnya sama aja ko prinsipnya πŸ™‚
    • Pilih gambar dari device yg akan transfer ke iTouch, dan kirimkan
    • Di iTouch nanti akan muncul peringatan apakah akan menerima file atau tidak, pilih ya maka dia akan langsung proses transfer. Disini saya coba transfer gambar kucing dr Nokia ke iTouch

    • Ketika semua proses sudah selesai dan mau lihat apakah gambar sudah masuk? Cek aja di iTouch di bagian Photo –> Saved Photo, gambarnya pasti sudah masuk, spt gambar kucing dibawah ini hasil transfer dari HP ke iTouch, kucing Asmuni nih ehehehehheeh

Nah udah deh intinya gitu, mau transfer file yg lain ya sama aja spt itu πŸ™‚ Gampang kan? Simple ko yg pasti dicoba aja πŸ™‚

29 thoughts on “Cydia Apps : iBluenova

  1. Gan… Ane kok nga bisa transfer foto yg sizenya lbh dari 100kb ya??? Klo masih 70 atau 90kb.. Bisa gan.. Napa tuh??? Ane udah coba dari repo sinfull.. Dari yg agan kasih tauin jga udah.. Tp sama aja…

  2. @Adi : prasaan dah dikasih tau di Mabes ga ada masalah ah. Itu lo coba liat yg gw pake Kucing asmuni itu size nya 272kb tuh bisa aja :p Pake yg biteyourapple bisa aja gw mah πŸ˜€

  3. Nah.. Makanya itu yg bikin ane penasaran gan.. Kok bisa beda gitu … Apa ada yg slah ya… Yaa nanti ane coba jb ulang deh klo OS 4 nya udah keluar.. Kali aja madalah terpecahkan πŸ˜€

  4. aneh itu Di, gw itu file nya yg buat test kirim dr ipod ke hp maupun sebaliknya diatas 100kb smua tuh dan lancar aja. Udh dicoba uninstall trus install lagi?

  5. Ia gan.. Udah di uniatal n instal berkali2 πŸ˜€
    kyanya emang masalah di blue toothnnya.. Soalnya pernah pas maen street fighter.. Kadang pas lg maen berdua keluar sendiri.. Nanti ane beli itouch baru aja deh klo yg ver. Kamera udah bner keluar πŸ˜›

  6. HUehehheheehe kayanya emg hardwareny, atau coba di restore ulang? :p Itu opsi trakhir sih sebelum beli yg baru and jual yg ini ihiihiihih

  7. betul kata adi bang,itouch saya gak bisa kirim atau terima file lbh dr 100 kb.aku pake repo biteyourapple spt yg bang kiki bilang

  8. @Dedy : COba kamu perhatikan file yg aku kirim di gambar diatas, di bagian trasnfer, itu smua diatas 100kb loh πŸ™‚ cobain deh bluetooth sama device yg berbeda πŸ™‚

  9. Ia gan… Emang kyanya nga da masalah sma aplikasinya.. Nga mungkin kn udah cape2 bikin aplikasi eh cuman bisa setengah2.. Cuman bisa ngopy file kecil doang.. Jadi menurut ane kesalahan ada di hardware.. Case close πŸ˜€

  10. Aga aneh juga sih Di, tp klo gw coba transfer file diatas 1 Megaan error :hammer:, Gw coba transfer file mp3 ke HP error pas 30% :ngakak mungkin file diatas 1Mega iya kayanya, ntar gw coba cari2 infonya deh πŸ™‚

  11. setelah aku coba berulang ulang akhirnya bisa juga.krm ke hp soner sbsr 600 kb cuman blm bs di kirimin,error trs bang.musik jg gak bs. Btw thanks banget utk semua info itouchnya,sgt2 membantu mulai dr jb,sbsetting dll.selanjutnya mau coba temanya

  12. @Dedy : Berhasil ya? Jd berhasilnya setelah dicoba trs?? Aga aneh sih soalnya gw coba normal2 aja, temen juga kirim file musik diatas 3 mega bisa πŸ™‚ Thanx ya, blog ini akan up to date ko dan tutornya dibuat sesimple mungkin supaya bisa dipahami dgn mudah πŸ˜€

  13. gan…gimana klo transfer dari blackberry ke itouch kita??

    kan klo blackberry musti pairing2 gitu…

    ane uda coba ikutin tutor di atas kagak bisa…thx inponya…

  14. @Adi : tp ttp aja di ada yg bingung wkwkwkw
    @Fabio : Thanx bro
    @Andrew : sama aja ko caranya, dicoba aja gw bisa ko

  15. gan, ibluenova dari cydia itu demo ya? trial 15 hari..
    ad yg full versionnya ga? atau yg cracked.. kalo tau… minta link nya donkkk.. hehe

    eh iya, kalo ga bisa kirim file diatas 100kb mungkin karena versi trial nya kali??
    iya gak sih?? udah coba pake yg full version?

  16. Ya ampun itu ikutin tutornya, add reponya itu kan dah cracked, dibaca dulu dr atas baru komen ya. Gw berhasil transfer, lu liat di atas brp gede filenya, 200an kan??? coba dulu br tes

  17. udah ikutan nyoba juga, sama tuh…mau file gede atau kecil palingan cuma 50% berhenti oi,gak bisa lagi…udah di respring jg sama aja…knapa ya? ada aplikasi lain?

  18. sama,, gua juga coba transfer dari nokia gua ke ipod pasti berhenti di tengah2 jalan loadingnya…

  19. kl file kecil dibawah 1mb ga msalah gan, tpi kl diatas 1mb lngsung brenti dia.

    kynya emng dari aplikasinya ney, kl ada aplikasi lain boleh tuh gan di bagi2 inponya.

  20. Hmmm aneh ya ko pada gagal smua yg diatas 1 megaan, temen gw normal copy mp3 nya dr hape dia ke ipod maupun sebaliknya. Mungkin msh ada bugs ama aplikasinya.

    Nanti deh di update klo ada yg baru πŸ™‚

  21. @andrew
    untuk pairing ke bb tinggal masuk ke set up bluetooth, search, pilih mana yg mo di pair, masukin numerik key, input di ipod, slesai deh..

    @mastah benkyo
    iPod 32gb, jb spirit, iBlueNova 2.0 to BB Gemini
    gw coba kirim file musik 3,5 Mb n gambar 100Kb ke BB teuteup failed
    tes kirim balik dua2nya dr BB malah lancar jaya

    ditunggu update fixed bugs nya mang hehe..
    sekian laporan dari nubi per-iPod-an..
    :malu:

  22. bro bengkyo, kok ane add repo http://www.bityourapple.com/repo/ kok ngga bisa ya?
    ada pesen error ini:
    Did not find Repository
    The indicated repository could not be found. This could be because you are trying to add legacy installer repository (these are not supported). Also, the interface is only capable of working with extract repository URLs.

    kenaoa ya bro?

    Thx.

  23. thx bro for fast response heheh.
    udah bisa bro, tapi gue coba sampe 6 kali, baru bisa, penasaran abisnya hehe

  24. bro, kok aneh ya kenapa waktu masuk ke Setting β€”> General β€”> Bluetooth β€”> ON ataupun lewat SBsetting bluetoothna ngga mau on gitu bro..udah ane ON trus OFF lagi sendiri, udah coba ane remove iBluenova nya trus install lagi masih aja, malah sekarang bluetooth nya jadi unavailable…mohon pencerahannya bro πŸ™‚

  25. @Lauk : maenya?? aneh atuh. Biasanya klo ibluenova dinyalain emg lambang bluetooth pst ilang tp bkn brarti bluetooth nya ilang πŸ™‚ dia msh nyala cuman digantiin ama ibluenova

Leave a Reply

